SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
(By : Syarif Muhammad Alhaiza)
Sub Pokok Bahasan
1. Pengertian Manajemen
2. Proses Manajemen
3. Sistem Informasi Manajemen
4. Karakteristik Sistem Informasi Manajemen
5. Komponen Sistem Informasi Manajemen
A. Pengertian Manajemen
i. Definisi Manajemen
- Manajemen adalah pengelolaan kegiatan untuk menjalankan tugas dan fungsi serta tujuan organisasi
- Proses untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan
ii. Kegiatan dalaam manajemen
- Perencanaan
- pengendalian
- pengawasan
- pengambilan keputusan
iii. Sumberdaya
- Manusia, Material, Modal
- Informasi
B. Proses Manajemen
- Low Level Management (Perencanaan dan Pengendalian Operasional)
- Middle Level Managemenet (Perencanaan Taktis dan Pengendalian Manajamen)
- Top Level Management (Perencanaan Strategis)
C. Sistem Informasi Manajemen
i. Definisi
- Menurut Terminologi
Sistem Informasi Manajemen adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu kelompok maupun unsur unsur dalam memecahkan suatu masalah dengan memanfaatkan sumber daya manajemen sehingga sampai pada tahap dimana mendapatkan informasi yang dimana pada tahap itu sudah bisa diambilil sebuah keputusan
- Menurut Para Ahli/Pakar
1. Peter Keen
"Sistem Informasi Manajemen adalah desain yang efektif, pengiriman dan penggunaan Sistem Informasi dalam Organisasi"
2. David Kroenke Dan Richard Hatch
"Sistem Informasi Manajemen adalah pengembangan dan penggunaan Sistem Informasi dala Organisasi"
Sistem Informasi Manajemen adalah bagian pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia manusia, dokumen, teknolog untuk memecahkan suatu permasalahan dalam strategi bisnis
Sistem Informasi Manajemen disajikan dalam dalam suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan laporan berupa perodik, laporan khusus, output dari simulasi matematika.
D. Karakteristik Sistem Informasi Manajemen
- Beroperasi pada Tugas Terstruktur
- Meningkatkan Efisiensi dengan mengurangi biaya
- Menyediakan laporan dalam kemudahan akses
E. Komponen Sistem Informasi Manajemen
- Informasi
- Manusia
- Konsep Sistem
- Konsep Organisasi Dan Manajemen
- Konsep Pengambilan Keputusan
- Nilai Informasi
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tambahan : Contoh Sistem Informasi Manajamen yaitu Office Automation (OA)
OA atau Office Automation adalah adalah sistem yang mempermudah memperlancar komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan. OA untuk Sistem Informasi Manajemen ini berfokus pada komunikasi yang menyebabkan hanya adanya contoh OA secata spesifik dan tidak umum seperti :
1. Word Processing (Pengolah Kata)
ini adalah sistem untuk mengolah kata, biasanya dipakai untuk membuat proposal ataupun laporan perusahaan, contohnya adalah MS WORD
2. Video Conference
dipakai untuk memulai rapat maupun presntasi, pada saat pandemi sering digunakan, contohnya adalah Google Meet dan ZOOM
Komentar
Posting Komentar